Selasa, 30 Maret 2010

BALADA HARI RAYA

Fiksi | Dur: 18'00 | 2008

Sutradara: Riezky Andhika Pradana
Terinspirasi dari cerpen Karjan dan Kambingnya
karya Hamsad Rangkuti,
dalam
buku Sampah Bulan Desember,
Penerbit Buku KOMPAS, 2000


Sinopsis:

Pemandangan Stasiun Tanah Abang yang berseberangan
dengan
bongkaran dan kereta api ekonomi menyusuri
gubug-gubug penghuni
pinggiran rel kereta api dari pagi,
siang dan malam, menjadi saksi pertemuan

Karjan dan Parmin. Nostalgia mereka kemudian diwakili
oleh seekor kambing
yang diberikan Parmin kepada Karjan.
Petualangan Karjan membawa kambingnya

menyusuri masa lampau di sepanjang rel kereta api bermuara
pada
kesialan Karjan yang dituduh mencuri kambing.



komentar

Balada Hari Raya (18') Riezky Andhika
Pradana (2008)


film ini ngasih ide2 di kepala gue.. voice
over dan pengambilan gambar tanpa ada tokohnya itu bikin gue
mengangguk2 sendiri (kebayang gaya ini bisa gue pergunain
untuk ide cerita gue yang sederhana itu) ..
sayangnya dialognya datar dan baku..
entah kenapa ini yang dipilih sebagai bahasa pengantar
orang-orang yang didefinisikan sebagai orang menengah ke bawah.
dan kadang-kadang gue merasa berlebihan footage gambarnya,,,
(seperti sayang membuang --emang sih keren gambarnya
tapi tidak untuk apa dimasukkan kalau tidak menambah makna)
oh ya, pas adegan terakhir, kenapa kambingnya jadi ilang dan
ndak ada sih? kemana benda itu ... mmmm... tp tetep gue salut sama ide
vo-nya :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar